Google Maps Kini Tanpa Awan

Foto satelit di Google Maps dan Google Earth mampu memperlihatkan pemandangan bumi sebagaimana terlihat dari angkasa. Tapi, selama ini beberapa area tidak bisa dilihat dengan jelas lantaran terhalang oleh awan.

Pada Rabu (26/6/2013) kemarin, Google mengumumkan telah memperbarui foto satelit pada dua layanan tersebut menggunakan rangkaian gambar baru yang menghilangkan awan-awan di atas permukaan bumi, bahkan di daerah tropis sekalipun yang biasanya selalu dipenuhi awan.

Alhasil, bentuk sebenarnya dari planet biru ini terlihat sangat jelas karena tak lagi terhalang hamparan awan. Kontur daerah perkotaan, pegunungan, dan lautan dengan kedalaman yang berbeda-beda pun tampak lebih mengemuka.

Google
Tugu Monas dilihat dari Google Maps

Untuk mewujudkan hal tersebut, Google mengumpukan ratusan terabyte data dari United States Geological Survey dan satelit Landsat 7 milik Nasa dengan Google Earth Engine.

Hasilnya adalah pemandangan seluruh planet yang konsisten dan mendetail dengan resolusi 15 meter per pixel, jauh lebih halus dari data sebelumnya yang memiliki tingkat resolusi 1 km per pixel.

Pembaruan ini turut mencakup penyediaan foto-foto satelit baru untuk sejumlah wilayah secara bertahap, termasuk Indonesia.

Ingin mencoba melihat tampilan bumi yang bebas awan ini? Cukup kunjungi laman Google Maps dan nyalakan fitur Satellite view. Bisa juga dengan menjalankan Google Earth dan melakukan zoom out.Google Tampilan Papua di Indonesia sebelum (kiri) dan sesudah pembaruan Google Maps yang menghilangkan hamparan awan.

Sumber : Kompas Tekno

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s