Hadirnya Sony Experia E di Indonesia

Menikmati streaming video di smartphone Sony Xperia E

Di awal tahun 2013, Sony Mobile kembali memperbaharui lini smartphone Xperia. Koleksi baru itu adalah Sony Xperia E, ponsel cerdas yang membidik penikmat musik dengan harga relatif terjangkau.

Xperia E menonjolkan fitur HD Voice yang membuat panggilan telepon menjadi lebih jernih daripada sebelumnya. Fitur ini bisa dipakai jika lawan bicara pengguna juga telah terdaftar dengan layanan HD voice milik operator. Operator yang sudah menyediakan layanan HD voice sejauh ini adalah Telkomsel dan Axis.

Dengan fitur HD Voice, ketika menerima panggilan telepon, pengguna akan mendengar kualitas suara yang lebih jelas, lebih natural, dan secara signifikan mengurangi kebisingan suara latar, seperti bising lalu lintas di jalan, angin, dan keramaian lainnya.

Lebih penting lagi, ketika pelanggan melakukan panggilan telepon, khususnya di lingkungan yang ramai, terjadi efek pembatalan suara, memungkinkan penerima panggilan dapat mendengarkan suara Anda dengan jelas tanpa perlu berteriak keras.

Menemani fitur HD voice, Xperia E juga dibekali fitur penekanan derau, atau noise cancellation, yang bisa menyaring suara latar ketika bising.

“Ponsel ini tersedia dalam dua varian, Xperia E dengan satu kartu SIM, dan Xperia E Dual dengan dua slot kartu SIM,” kata Oky Gunawan, Kepala Aktivasi Merek dan Channel Sony Mobile Communications Indonesia, di Jakarta, Kamis, 14 Februari 2013.

Di Indonesia, Xperia E hadir dengan paket bundel bersama Telkomsel. Setiap pembelian ponsel, konsumen akan mendapatkan paket Internet berkecepatan tinggi TelkomselFlash. Konsumen perlu menambah Rp50.000 untuk dapat melakukan browsing, chatting, e-mail, dan sosial media, selama tiga bulan pertama.

Selain itu, Sony juga bekerja sama dengan PT Melon Indonesia, perusahaan penyedia musik. “Karena ponsel ini disasarkan pada para pencinta musik, maka layanan ini tersedia agar pengguna bisa mengunduh musik secara gratis dan sepuasnya selama tiga bulan di website Melon,” jelas Ika Paramita, Marketing Manager Sony Mobile Communications Indonesia.


Spesifikasi

Sony Xperia E sudah didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 1 GHz. Kamera 3,2 MP disematkan di bagian belakang ponsel musik ini. Layar HVGA 3,5 inci dapat menciptakan pengalaman dalam hiburan dan menjelajahi website.

Xperia E disokong baterai 1500 mAh dan menggunakan teknologi baterai manajemen sistem. Ini adalah teknologi manajemen daya baterai yang dapat meningkatkan waktu standby hingga empat kali lipat.

Untuk meningkatkan pengalaman bermusik, Xperia E dipersenjatai dengan kualitas audio superior dengan aplikasi Walkman, lengkap dengan teknologi audio xLOUD, 3D surround sound, dan equalizer manual.

Xperia E tersedia dalam versi dual SIM, yaitu Experia E Dual, ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan kartu GSM dan CDMA dalam satu ponsel.

Secara konektivitas, ponsel ini cukup lengkap dengan menggunakan sistem nirkabel DLNA, Xperia E ini bisa melihat dan berbagi konten dengan mudah, seperti untuk foto dan video pada TV, tablet, dan PC.

Sistem operasi dari ponsel terbaru ini masih tetap menggunakan OS Android. Yaitu, Android 4.1 Jelly bean untuk seri Experia E, dan Android 4.0 Ice Cream Sandwich untuk Xperia E Dual, namun sudah tersedia upgrade ke Jelly Bean.

Xperia E dibanderol dengan harga Rp1,79 juta, sedangkan Xperia E Dual dilego di harga Rp1,89 juta.

Rival

Sony Xperia hanya salah satu dari sekian banyak ponsel Xperia yang dibekali fitur HD Voice. Hanya saja, tipe ini relatif lebih murah ketimbang tipe Xperia lainnya, tidak sampai Rp2 juta per unit.

Di luar merek Nokia, Xperia E bisa disandingkan dengan Nokia Lumia 820. Ponsel pintar berbasis Windows Phone 8 ini juga dibekali dengan fitur HD Voice. Tapi, jika berbicara fitur secara menyeluruh, Xperia E keok karena dikategorikan sebagai ponsel terjangkau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s